Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran merupakan bagian terpadu dari sistem pendidikan di SMK Negeri 1 Kudus yang mempunyai peran sebagai tempat pendidikan dan pelatihan dalam bidang desain, perencanaan, pelaksanaan diklat dalam bidang administrasi tingkat nasional maupun tingkat internasional. Dalam melaksanakan pengembangan kurikulumnya Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran bekerjasama dengan industri pada tingkat nasional maupun Internasional.
Dalam melaksanakan kegiatannya Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran didukung oleh Tenaga Guru Yang Kompeten, Tempat praktek yang cukup, dan dukungan dana yang memadai serta institusi pasangan yang siap menerima siswa untuk mengembangkan kompetensinya pada kegiatan Prakerin.
Lulusan yang akan Bekerja
Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Paket Kompetensi OTKP adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Sekretaris/ Administrasi Bisnis pada jenjang SMK antara lain adalah:
- Bagian administrasi kantor
- Arsiparis
- Agendaris
- Receptionist (pelayanan tamu dan penanganan telepon)
- Bagian Humas
- Kasir
Dengan demikian profil lulusan OTKP SMK Negeri 1 Kudus yang diharapkan adalah tenaga kerja yang terampil menangani pekerjaan kantor, berpenampilan serasi, energik, supel, ramah, berinisiatif , cerdas, santun dan berakhlak
Kerjasama IDUKA
- Nojorono Tobacco International
- Djarum
- LSK Sekretaris Wilayah Jawa Tengah
Daftar Guru Produktif
- Puji Astuti, S.Pd (K3)
- Ulya, S.Pd, M.Pd
- Dyah Ayu Suryanti, S.Pd.Ekop.
- Arih Rizki Rahmani, S.Pd
- Indah Purnamasari, S.Pd