Akuntansi dan Keuangan Lembaga

          Kompetensi Keahlian Akuntansi merupakan bagian terpadu dari sistem pendidikan di SMK N 1 Kudus yang mempunyai peran sebagai tempat pendidikan dan pelatihan dalam bidang akuntansi dengan standar kompetensi yang dipersyaratkan pada tingkat nasional dan internasional. Dalam melaksanakan kegiatannya Kompetensi Keahlian didukung oleh Tenaga Guru yang kompeten, Tempat praktek yang cukup yang sesuai dengan standar kurikulum dan dukungan dana yang memadai serta institusi pasangan yang siap menerima siswa untuk mengembangkan kompetensinya pada kegiatan Prakerin.

 

Tujuan Kompetensi Keahlian Jurusan

Secara khusus, tujuan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga adalah membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam penguasaan materi :

C1. Dasar Bidang Keahlian

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital
  2. Ekonomi Bisnis
  3. Administrasi Umum
  4. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

C2. Dasar Program Keahlian

  1. Etika Profesi
  2. Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet
  3. Akuntansi Dasar
  4. Perbankan Dasar

C3. Kompetensi Keahlian

  1. Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur
  2. Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah
  3. Akuntansi Keuangan
  4. Komputer Akuntansi
  5. Administrasi Pajak
  6. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

 

Lulusan yang akan Bekerja

SKL SMK dikembangkan dari tujuan pendidikan nasional dan profil lulusan dalam rumusan area kompetensi. SMK merupakan bagian dari system pendidikan nasional yang memiliki tujuan pendidikan kejuruan yaitu menghasilkan tenaga kerja terampil yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia usaha/industry, serta mampu mengembangkan potensi dirinya dalam mengadopsi dan beradaftasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan kejuruan di atas diperlukan SKL SMK yang dijabarkan dari profil lulusan, sebagai berikut :

  1. Beriman, bertakwa, dan berbudi-pekerti luhur;
  2. Memiliki sikap mental yang kuat untuk mengembangkan diri secara berkelanjutan;
  3. Menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan pembangunan;
  4. Memiliki kemampuan produktif sesuai dengan bidang keahliannya baik untuk bekerja pada pihak lain atau berwirausaha, dan
  5. Berkontribusi dalam pengembangan industri Indonesia yang kompetitif menghadapi pasar global.

 

Daftar Guru Produktif

  1. Nanang Leksono, S.Pd
  2. Ambar Tri Haryani
  3. Dwi Astuti
  4. Akhmad Faesol
  5. Isti Faizah, S.Pd, ME
  6. Noor Rahajuning Rizki, S.Pd
  7. Tri Yulianti, S.Pd